Sharing Knowledge Pengelolaan Taman Kehati PT Pupuk Kujang Pada Lokakarya Taman Keanekaragaman Hayati

Sharing Knowledge Pengelolaan Taman Kehati PT Pupuk Kujang Pada Lokakarya Taman Keanekaragaman Hayati

Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyelenggarakan Lokakarya Taman Keanekaragaman Hayati (29 – 30 Oktober 2015) di Grand Zuri Malioboro – Yogyakarta Hotel. Lokakarya tersebut diikuti 105 peserta dari Instansi pemerintah dan swasta seluruh Indonesia yang sedang / akan menggalakkan pembangunan Taman Keanekaragaman Hayati.

Dirjen Sumber Daya Alam dan Ekosistem, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Tachrir Fathoni dalam sambutannya saat membuka acara tersebut mengatakan bahwa kondisi keanekaragaman hayati di Indonesia semakin merosot, baik di tingkat ekosistem, spesies, maupun genetis. Adanya perubahan habitat yang menyebabkan berkurangnya populasi berbagai jenis tumbuhan dan satwa. Menurut Tachir, berdasarkan data dari Buku Kekinian Keanekaragaman Hayati Indonesia, perubahan habitat itu disebabkan terjadinya penurunan lahan kering primer dari 42,2 juta hektare menjadi 32,1 juta hektare. Oleh sebab itu, Kementerian LHK terus mendorong pelaksanaan pembangunan Taman Kehati yang merupakan mandat UU No 32/2009. Program Taman Kehati ini, lanjut Tachir, untuk mendukung pencadangan sumber daya alam hayati guna penyelamatan berbagai jenis tumbuhan lokal yang memiliki tingkat ancaman tinggi.

Pada hari kedua, PT Pupuk Kujang diundang menjadi narasumber oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk memberikan pemaparan Pembangunan dan Pengelolaan Taman Keanekaragaman Hayati oleh Dunia Usaha. Disampaikan pada materi pemaparan tersebut bahwa PT Pupuk Kujang sebagai salah satu perusahaan besar di Kabupaten Karawang mempunyai komitmen untuk melaksanakan konservasi keanekaragaman hayati. Hal ini dibuktikan adanya kesepakatan dengan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat melalui Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Jawa Barat untuk memanfaatkan sebagian dari kawasannya untuk dibangun menjadi Taman Kehati.yang selanjutnya disahkan melalui Surat Keputusan Bupati Karawang Nomor 188/Kep.369-Huk/2014 tentang Taman Keanekaragaman Hayati Pupuk Kujang di PT. Pupuk Kujang Cikampek.

Sebagai tindak lanjut kegiatan ini kerjasama bimbingan teknis telah dilakukan bersama dengan Badan Pengelola Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat yang dibantu oleh para pakar Kehati baik yang masih aktif maupun pakar Kehati yang telah purnabhakti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

000
Read 953 times
Rate this item
(1 Vote)

stay connected

Anda dapat menghubungi kami melalui email info@pupuk-kujang.co.id, atau berlangganan newsletter dengan menginputkan alamat email anda dibawah ini.

Visitor Counter

Sekarang : 558
Kemarin : 885
Bulan Ini : 1874
Bulan Kemarin : 22955
Semua : 191811